Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN 2021

Pendahuluan

UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN dan STAIN di seluruh Indonesia  melalui ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE)  yang dilaksanakan  secara  bersama di bawah koordinasi  Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/ Pendidikan Diniyah Formal dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari satuan Pendidikan A/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/ Pendidikan Diniyah Formal atau yang setara maksimal 3 (tiga) tahun terakhir.

UM-PTKIN merupakan proses seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti program KIP Kuliah.

 

Persyaratan Siswa

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/Pendidikan Diniyah Formal/SMA/SMK atau yang setara tahun2019, 2020  dan
  2. Membayar Biaya Ujian sebesar Rp. 200.000,- (Dua ratus ribua rupiah)

 

Alur Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa mengisi biodata secara online di https://um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor SIP (Slip Intruksi Pembayaran);
  2. Peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia;
  3. Mengikuti Ujian SSE (Sistem Seleksi Elektronik) dengan memilih jurusan IPA atau IPS, menentukan program studi di PTKIN yang dituju, dan lokasi ujian;
  4. Cetak Kartu Peserta;
  5. Mengikuti ujian di lokasi yg telah dipilih sesuai tanggal, hari, dan sesi yang tertera pada kartu peserta;

 

Kelompok Ujian

  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi Sains dan Teknologi). Materi ujian ; Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, dan Kemampuan IPA)
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi Bidang Sosial, Humaniora dan Keagamaan). Materi ujian : Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, dan Kemampuan IPS)

 

Materi Ujian

Tes Kemampuan Dasar (Verbal Kuantitatif), Bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab), Keislaman (Al-Qur’an Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam dan Fiqh), IPA (Matematika IPA dan IPA Terpadu), IPS (IPS Terpadu)

 

Jadwal Seleksi

Pendaftaran/ Pembayaran 01 s.d. 30 April 2021 (pukul 16.00 WIB)
Finalisasi Pendaftaran 01 April s.d. 06 Mei 2021 (pukul 24.00 WIB)
Ujian SSE 24 Mei s.d. 02 Juni 2021
Pengumuman Hasil Seleksi 17 Juni 2021
Pendaftaran Ulang 18 s.d. 30 Juni 2021

 

22 Februari 2021, 09:05:27